Lopo Inovasi Flobamorata NTT Wadah Sejumlah Inovasi

Pemerintah Provinsi NTT bersama dengan USAID ERAT telah melakukan berbagai kegiatan yang mendukung pengembangan inovasi.
Penjabat Gubernur NTT Ayodhia G.L. Kalake (kiri) saat meluncurkan platform Lopo Inovasi Flobamorata Provinsi NTT di Hotel Sotis Kupang, Selasa (14/11/2023)/Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi NTT
Penjabat Gubernur NTT Ayodhia G.L. Kalake (kiri) saat meluncurkan platform Lopo Inovasi Flobamorata Provinsi NTT di Hotel Sotis Kupang, Selasa (14/11/2023)/Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi NTT

Penjabat Gubernur NTT Ayodhia G.L. Kalake secara resmi meluncurkan platform Lopo Inovasi Flobamorata Provinsi NTT di Hotel Sotis Kupang, Selasa (14/11/2023).


Dalam sambutannya Ayodhia menjelaskan, sebagai wadah repository atau tempat penyimpan inovasi berbasis web, Lopo Inovasi Flobamorata NTT dibangun di Provinsi NTT untuk ‘merumahi’ sejumlah inovasi dan praktik baik yang telah dihasilkan oleh Pemerintah Provinsi NTT dan Kabupaten/Kota.

"Saya menaruh harapan agar Lopo Inovasi Flobamorata NTT ini dikembangkan sedemikian rupa sehingga dapat menjadi media pembinaan dan pengembangan inovasi di daerah melalui ajang saling belajar, replikasi dan implementasi inovasi serta praktik-praktik baik," kata Ayodhia.

Ia mengharapkan agar setiap Perangkat Daerah dapat terlibat aktif untuk memanfaatkan kehadiran Lopo Inovasi Flobamorata untuk kepentingan inovasi di lingkup kerjanya masing-masing guna meningkatkan kinerja pemerintah daerah, termasuk kinerja pelayanan publik di Provinsi NTT.

Ia kemudian menyampaikan apresiasi kepada USAID ERAT yang telah mendukung Pemerintah Provinsi NTT untuk mengembangkan inovasi daerah melalui Pembentukan Lopo Inovasi Flobamorata NTT.

Dalam rangka menumbuhkembangkan ekosistem inovasi daerah, kata dia, Pemerintah Provinsi NTT bersama dengan USAID ERAT telah melakukan berbagai kegiatan yang mendukung pengembangan inovasi.

Kegiatan tersebut meliputi peningkatan kapasitas para inovator dan tim inovasi daerah baik di tingkat Provinsi maupun di tingkat Kabupaten/Kota se-NTT, pembentukan tim Fasilitator Inovasi Daerah dan membangun Jaringan Inovasi Daerah Innovation Hub atau dikenal dengan Lopo Inovasi Flobamorata NTT.